Home » Perumahan » Ingin Tinggal Di Perumahan? Ketahui Kekurangan Tinggal Di Perumahan Terlebih Dahulu

Ingin Tinggal Di Perumahan? Ketahui Kekurangan Tinggal Di Perumahan Terlebih Dahulu

Mempunyai rumah sendiri tentunya hal yang selalu diinginkan oleh semua orang. Mau dimanapun berada apabila rumah tersebut adalah milik sendiri akan terasa lebih nyaman. Lalu, apakah rumah yang berada di perumahan menjadi pilihan rumah idaman Anda?

Ingin Tinggal Di Perumahan Ketahui Terlebih Dulu Kekurangan Tinggal Di Perumahan Terlebih Dahulu

Untuk saat ini sebagian besar orang memilih mencari rumah yang berada di kawasan perumahan yang dibangun oleh developer atau pengembang tertentu. Hal ini memang bukan tanpa alasan mengingat rumah pada kompleks perumahan mempunyai sejumlah pendukung untuk dijadikan daya Tarik tersendiri bagi pembelinya, contohnya saja taman bermain, petugas keamanan atau kolam renang.

Untuk membantu dalam mempertimbangkan rumah idaman, ketahui terlebih dulu kekurangan tinggal di perumahan berikut ini.

Harga

Kekurangan tinggal di perumahan yang terlihat mencolok berada di segi harganya. Itu sebabnya, harga rumah pada kompleks perumahan dipatok dengan harga tinggi. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan karena harga tanah setidaknya satu setengah kali lebih tinggi dibandingkan dengan harga tanah di luar perumahan.

Perlu diketahui bahwa tanah yang berada di perumahan mempunyai legalitas lebih lengkap dan aman dibandingkan dengan tanah biasa. Bukan hanya itu saja, kawasan perumahan biasanya juga didukung dengan infrastruktur yang memadai seperti adanya saluran pembuangan air, taman bermain dan jaringan listrik taman.

Desain Rumah

Apabila Anda sudah memilih rumah di perumahan, maka secara otomatis model dan type rumah tersebut tidak bisa diganti. Hal inilah yang juga menjadi salah satu kekurangan tinggal di perumahan karena tidak bisa menentukan sendiri desain rumah sesuai dengan keinginan karena rumah pada kompleks perumahan hanya terima jadi dari pihak pengembang atau developer.

Bahkan, beberapa developer mempunyai aturan yang cukup ketat tentang perubahan tampilan rumah sehingga Anda tidak sepenuhnya bebas untuk merenovasi tampilan rumah Anda.

Tujuan peraturan tersebut yaitu supaya rumah-rumah yang berada di lingkungan perumahan mempunyai bentuk yang seragam sehingga menjadikan perumahan tersebut terlihat lebih teratur dan rapi.

Akan tetapi, Anda mempunyai fleksibilitas lebih apabila Anda membeli tanah pada area perumahan maupun cluster. Nah, apabila Anda memilih opsi ini, Anda bisa membangun rumah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Akses

Walaupun akan terasa aman dengan adanya petugas keamanan, namun terkadang penjagaan yang ketat saat di perumahan menjadikan para penghuninya terasa cukup repot apabila sedang ada tamu yang akan berkunjung.

Kekurangan tinggal di perumahan yang mungkin bisa Anda lakukan untuk meminimalisir yaitu dengan memberitahukan petugas keamanan terlebih dulu tentang teman ataupun keluarga yang akan berkunjung supaya diberikan izin untuk memasuki kompleks perumahan.

Kekurangan tinggal di perumahan yang lainnya bisa dirasakan ketika mengakses transportasi umum. Biasanya, pihak developer tidak memperbolehkan seperti angkutan umum untuk masuk ke area perumahan. Dan bagi Anda yang kerap menggunakan transportasi umum, hal ini mungkin bisa menjadi pertimbangan saat Anda memilih dan tinggal di perumahan.

Sosialisasi

Sosialisasi dan interaksi warga perumahan kadang akan terasa lebih terbatas jika dibandingkan dengan rumah yang berada di kawasan rumah biasa sehingga hal ini pun bisa dijadikan kekurangan tinggal di perumahan.

Biasanya penghuni rumah yang berada di perumahan lebih suka mengurus diri sendiri dan juga kurang tertarik dengan urusan yang terasa merepotkan. Namun, untuk kondisi sosial dan tingkat perekonomian antar penghuni secara garis besar setara sehingga hubungan dengan tetangga relatif berkesinambungan.

Tak hanya kekurangan tinggal di perumahan saja, ternyata tinggal di perumahan juga kelebihan yang bisa Anda dapatkan seperti :

Pengurusan Dokumen

Membeli rumah saat di lingkungan perumahan maka akan memudahkan Anda dalam kepengurusan dokumen karena Anda tidak perlu mengurus dokumen seperti IMB dan Sertifikat Hak Milik (SHM) karena hal ini biasanya sudah ditangani oleh pihak developer.

Lain halnya apabila Anda membeli rumah di luar perumahan, Anda akan mengurus sendiri berbagi dokumen karena tidak adanya pengembang atau developer yang membantu.

Keamanan

Faktor ini pastinya menjadi salah satu pertimbangan penting untuk para calon pembeli, terlebih bagi Anda yang sudah berkeluarga. Tinggal di lingkungan perumahan memang mempunyai standar keamanan yang tinggi jika dibandingkan tinggal di pemukiman biasa karena sudah adanya petugas keamanan tersendiri.

Dan petugas keamanan ini akan membantu mengawasi siapa saja yang keluar masuk kompleks perumahan sehingga bisa meminimalisir kehadiran orang yang tidak dikenal atau bahkan orang-orang yang berbahaya. Sementara, tingkat keamanan tinggal di pemukiman biasa justru lebih rendah bila dibandingkan pada perumahan karena akses untuk masuk kawasan tersebut lebih terbuka.

Fasilitas

Lingkungan yang berada di kawasan perumahan memang menyertakan sejumlah fasilitas bersama seperti taman bermain atau kolam renang. Dan fasilitas ini bertujuan untuk menarik minat calon pembeli.

Setelah mengetahui beberapa ulasan mengenai kekurangan tinggal di perumahan di atas diharapkan bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli rumah.