Home » Dekorasi » Tips Memilih Jenis Lantai Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Tips Memilih Jenis Lantai Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Lantai menjadi salah satu bagian terpenting pada sebuah rumah. Dapat dibilang bagian rumah satu ini menjadi bagian fundamental pada dekorasi ruangan. Tak hanya desain yang perlu diperhatikan, akan tetapi kualitas dari material yang digunakan harus diperhatikan termasuk dalam memilih jenis lantai rumah tersebut.

Tips Memilih Jenis Lantai Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Beberapa diantara pemilihan tersebut yaitu adanya ketahanan terhadap pemakaian harian, beban yang digunakan, kelembabannya dan juga warna yang tahan lama. Anda dapat menemukan berbagai jenis lantai yang ada di pasaran mulai dari tekstur yang halus, mengkilap, lantai yang terbuat dari kayu, hingga lantai sintetis. Bahkan, Anda juga bisa membuat sendiri lantai yang terbuat dari semen baik dengan menggunakan polesan maupun tanpa polesan.

Meskipun lantai dipasang pada tahap akhir proses pada kontruksi bangunan, akan tetapi penting untuk memastikan bagian dasar lantai dan juga lapisan semen yang benar-benar bisa mengikat lantai yang akan dipasang di atasnya.

Untuk itu, berikut beberapa ide dalam memilih jenis lantai yang tepat untuk rumah Anda.

1. Lantai Di Bagian Area Masuk Rumah

Seperti diketahui bahwa arus lalu lalang pada area masuk rumah terbilang tinggi, untuk itu bagian area ini harus terbuat dari bahan yang kuat. Sekarang ini memang cukup mudah menemukan lantai yang terbuat dari bahan alami yang sudah diolah sehingga mempunyai ketahanan tinggi.

Tips memilih jenis lantai untuk bagian koridor atau area masuk yang berhubungan dengan ruang tamu maupun ruangan keluarga sebaiknya didekorasi dengan lantai yang berjenis sama. Untuk menambah nilai estetika, sebaiknya Anda mengombinasikan lantai dengan jenis, tekstur maupun warna berbeda pada area sambungan. Kecuali, area sambungan ini menjadi bagian dari desain dan penutup lantai yang tampilannya seperti karpet.

2. Lantai Ruang Tamu

Di ruangan ini, Anda bisa lebih kreatif dalam menuangkan imajinasi dan bermain dengan tekstur yang Anda sukai. Warna yang dipilih sebaiknya serasi dengan warna dinding dan furniture. Untuk warna terang maupun gelap tidak menjadi masalah, karena hal ini adalah tentang selera masing-masing.

Apabila Anda memilih jenis lantai dengan gaya minimalis, dimana kesederhanaan menguasai dekorasi rumah, maka Anda bisa memilih warna dinding dan furniture dengan warna putih atau warna netral. Sentuhan warna abu-abu gelap, hitam dan juga metalik juga bisa Anda integrasikan dengan gaya ini.

Namun, apabila Anda menyukai gaya mediterania, maka tips memilih jenis lantai yang bisa Anda lakukan yakni dengan memilih lantai bermotif dan berwarna kuat. Anda juga bisa menggunakan lantai marmer atau lantai kayu tergantung dengan kesan yang akan Anda hadirkan.

3. Lantai Kamar Tidur

Untuk ruangan kamar tidur, memilih jenis lantai kayu memang bisa dijadikan pilihan yang tepat. Lantai yang terbuat dari material ini akan menghadirkan kehangatan dan juga sentuhan kenyamanan. Saat Anda menapakkan kaki di atas lantai kayu setelah bangun tidur akan menjadi bagian dari kenyamanan tersebut.

Apabila Anda menggunakan ubin sebagai lantai kamar tidur, maka memilih jenis lantai yang bisa Anda lakukan yakni dengan menerapkan warna-warna netral seperti abu-abu, biru, beige atau warna lembut sejenisnya. Jangan lupa, tambahkan pula karpet dengan warna terang untuk penyeimbang.

4. Lantai Kamar Tidur Anak

Kebanyakan para orang tua akan menutupi lantai kamar tidur anaknya dengan menggunakan karpet, dan hal ini bisa menjadi hal terasa ribet dan tidak praktis. Perlu diketahui bahwa debu yang menumpuk pada karpet dapat mengganggu kesehatan buah hati, misalnya dari debu tersebut bisa menimbulkan alergi.

Terlebih jika, anak Anda masih belajar merangkak dilantai yang akan menjadikan lantai menjadi daerah kekuasannya. Oleh sebab itu, tips memilih jenis lantai yang direkomendasikan dengan memilih jenis lantai yang mudah dibersihkan serta lantai yang kuat terhadap apapun, baik mainan yang menimpanya, papan seluncur, ataupun sepeda roda tiga.

5. Lantai Kamar Mandi

Dari berbagai pilihan yang tersedia di pasaran, lantai jenis vynil menjadi pilihan ideal untuk bagian kamar mandi. Anda mungkin menjumpai ruangan kamar mandi sering menggunakan material keramik atau lantai batu.

Memilih jenis lantai dengan bahan anti selip menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan pada lantai kamar mandi karena bisa membantu mencegah terjadinya kecelakaan saat berada di kamar mandi seperti terpeleset. Ketahanan air juga penting untuk diperhatikan dalam memilih jenis lantai untuk ruangan ini.

Hal penting yang harus ingat yaitu lantai kamar mandi harus sesuai dengan ubin dinding pada kamar mandi tersebut supaya suasana ruangan lebih terlihat serasi. Kombinasi warna yang dipilih tak terbatas, misalnya dengan memilih warna netral untuk bagian wastafel dan toilet dan juga warna kontras untuk lantai. Untuk menghadirkan unik, permainan warna dinding kamar mandi yang kontras bisa dijadikan ide brilian.

6. Lantai Dapur

Lantai dapur memang harus terbuat dari bahan yang kuat, tahan air dan juga tahan terhadap noda asam seperti jeruk lemon dan cuka. Untuk warna lantai dapur sebaiknya Anda sesuaikan dengan furniture. Tidak direkomendasikan untuk memilih lantai bertekstur karena kotoran bisa saja terselip pada sela-selanya sehingga sulit ketika dibersihkan.

Dalam kondisi apa saja, sebagai saran Anda bisa memilih jenis lantai secara seksama dan tidak terburu-buru. Luangkan waktu untuk mengamati contoh dan sesuaikan dengan furniture yang ada. Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis lantai yang bisa digunakan untuk semua ruangan sehingga tidak dianjurkan untuk menggunakan lantai yang berbeda pada setiap ruangan.

Dengan informasi di atas semoga dapat membantu Anda dalam menentukan lantai yang tepat.