Home » Perumahan » Tinggal Di Bekasi? Inilah Tips Memilih Perumahan Baru di Bekasi Yang Bisa Anda Huni

Tinggal Di Bekasi? Inilah Tips Memilih Perumahan Baru di Bekasi Yang Bisa Anda Huni

Mempunyai rumah baru tentunya menjadi impian untuk setiap orang bagi mereka yang sudah mempunyai penghasilan sendiri maupun bagi mereka yang sudah berkeluarga. Bahkan, untuk saat ini saja, ada banyak developer maupun pengembang properti yang sudah berhasil membangun cukup banyak perumahan baru di kota-kota besar seperti Bekasi. Mengapa Bekasi?

Tinggal Di Bekasi Inilah Tips Memilih Perumahan Baru di Bekasi Yang Bisa Anda Huni

Bekasi merupakan kawasan padat penduduk yang berbatasan langsung dengan kawasan timur Jakarta. Daerah Bekasi ini dulunya merupakan sentra agraris yang masih banyak terdapat lahan kosong. Seiring dengan berkembangnya zaman, pertumbuhan kawasan Bekasi ini pun menjadi daya tarik tersendiri. Pertumbuhan yang pesat di segala bidang inilah yang semakin membuat kawasan Bekasi mudah untuk diakses, salah satunya dalam mendapatkan perumahan baru di Bekasi.

Memang, perumahan baru di Bekasi bisa dikatakan susah-susah gampang. Anda dituntut cermat dalam memilih properti yang tepat kebutuhan rumah Anda.

Untuk itu, Anda harus mengetahui beberapa tips dalam memilih perumahan baru di Bekasi agar tidak salah di kemudian hari.

Mencari Informasi Rumah Melalui Offline dan Online

Sebagian besar perumahan baru yang akan dijual akan menawarkan banyak promo kepada para calon pembelinya baik melalui brosur maupun melalui situs rumah. Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya dan tetap harus fokus terhadap daerah pencarian yang Anda tuju, dalam hal ini Bekasi.

Dengan Anda mencari informasi pada situs internet ini akan memudahkan Anda dalam mencari properti berdasarkan daerah yang Anda inginkan. Di situs online Anda tidak perlu repot lagi karena hanya dengan satu klik Anda sudah bisa mendapatkan salah satu rumah yang berada di perumahan baru di Bekasi.

Tak hanya melalui situs jual beli rumah saja, Anda juga bisa memanfaatkan brosur untuk memperoleh informasi tambahan dalam melihat berbagai type model perumahan dan harga yang bisa Anda perkirakan sesuai dengan keuangan Anda.

Cermat Dalam Memilih Lokasi Rumah

Dalam berbagai penawaran dan juga jenis rumah yang ditawarkan olah para developer maupun bagian pemasaran, Anda harus lebih teliti dalam memilih lokasi perumahan baru di Bekasi agar sesuai dengan pilihan Anda.

Lokasi rumah yang strategis, tentunya dapat membantu Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja dan melakukan kegiatan lainnya.

Anda juga harus memperhatikan pula lokasi rumah yang Anda inginkan tersebut letaknya tidak begitu jauh dengan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan hingga akses jalan tol.

Sebagai saran Anda bisa memilih rumah yang dekat dengan stasiun terdekat karena menghubungkan antara Bekasi dan Jakarta. Memang dalam memilih perumahan baru di Bekasi ini harus diperhatikan pada lokasi yang dipilih.

Apakah bisa dijangkau dengan kendaraan umum, ataukah harus mempunyai kendaraan pribadi. Lokasi ini memang menjadi faktor penting dalam memilih rumah karena bisa mempengaruhi nilai dari investasi yang bisa berguna untuk meningkatkan nilai jual rumah itu sendiri.

Perhatikan Harga Rumah dan Konstruksi Bangunannya

Daerah Bekasi menjadi daerah yang menarik untuk dijadikan pilihan dalam memilih perumahan baru di Bekasi. Hal ini dikarenakan daerah Bekasi mempunyai harga rumah yang cenderung murah sehingga harganya pun tidak semahal dengan harga ruah yang ada di Jakarta.

Bahkan untuk saat ini masih ada rumah di Bekasi yang bisa didapatkan dengan harga sekitar 100 jutaan saja. Meskipun dibanderol dengan harga murah, Anda juga harus memperhatikan akses jalannya. Biasanya harga perumahan baru di Bekasi dengan harga murah memiliki akses yang cenderung sulit untuk dijangkau.

Masalah harga memang menjadi hal yang patut untuk diperhitungkan. Apabila Anda mendapatkan rumah dengan harga rumah namun konstruksinya tidak bagus akan menjadi sama saja karena Anda juga harus kembali mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk merenovasinya.

Pilih Developer Yang Berpengalaman dan Terpercaya

Untuk Anda yang ingin membeli di perumahan baru di Bekasi, Anda tetap harus waspada dan hati-hati dalam memilih developer yang akan membantu kepengurusan jual beli rumah tersebut. Saat ini, banyak dijumpai sejumlah oknum developer yang tidak bertanggung jawab yang selalu menjanjikan berbagai keuntungan dalam membeli rumah mereka, namun tidak sesuai dengan kenyataannya.

Misalnya saja tentang kepemilikan berganda, konstruksi bangunan yang tidak sesuai dengan brosur atau akses rumah yang susah dijangkau. Untuk itu, Anda harus lebih selektif dalam menyurvei nama-nama developer guna dapat membantu Anda mengetahui lebih lengkap pengalaman mereka.

Garansi Kerusakan Rumah

Penting bagi Anda untuk menanyakan adanya garansi kerusakan rumah yang akan Anda beli. Garansi yang akan diberikan tersebut biasanya selama 3 bulan dari serah terima rumah. Tips perumahan baru di Bekasi ini yang bisa Anda lakukan yakni dengan menggunakan waktu tersebut untuk meminta perbaikan rumah Anda apabila terjadi kebocoran pada atap, dinding terlihat retak atau kerusakan lainnya.

Apabila garansi rumah Anda sudah selesai Anda juga harus mempersiapkan dana maupun anggaran untuk memperbaiki rumah baru tersebut secara berkala.

Cek Kelengkapan Dokumen

Dokumen rumah atau objek properti menjadi hal penting dalam transaksi jual beli rumah. Untuk itu, Anda harus memeriksa secara teliti mengenai kelengkapan dan juga keabsahan dari dokumen-dokumen yang diberikan.

Anda bisa mengecek bahwa surat kepemilikan tersebut, apakah sudah Sertifikat Hak Milik (SHM) ataukah masih girik. Apabila Anda ingin menggunakan fasilitas KPR dari Bank, pastikan bahwa rumah bekas yang Anda ingin beli sudah mempunyai SHM. Karena Bank tidak akan memproses dokumen kepemilikan rumah selain sertifikat.

Tak hanya itu, tips perumahan baru di Bekasi juga harus memastikan bahwa nama penjual dengan nama yang tertera di dokumen adalah sama. Apabila nama keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan, Anda bisa menanyakan status hubungannya. Apabila telah dilakukan jual beli sebelumnya, tetapi belum diurus hingga balik nama SHM, Anda bisa meminta Akta Jual Beli (AJB) yang sah atas rumah tersebut.

Selain itu, penting juga untuk mengecek dari IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dari rumah tersebut. Apakah sesuai dengan kondisi fisik yang terlihat ataukah ada perubahannya. Kelengkapan inilah yang menjadi salah satu syarat untuk pengajuan KPR ke bank.

Itulah beberapa tips perumahan baru di Bekasi yang bisa Anda dijadikan referensi.