Home » Perumahan » Tips Beli Rumah Dengan Gaji 5 Juta

Tips Beli Rumah Dengan Gaji 5 Juta

Setiap orang di dunia ini pastinya menginginkan mempunyai rumah sendiri. Dan apakah mempunyai rumah sendiri menjadi resolusi Anda di tahun 201 ini? Jika iya tentu Anda sudah mempersiapkan banyak hal untuk mewujudkan hal tersebut bukan.

Tips Beli Rumah Dengan Gaji 5 Juta

Kebanyakan orang belum bisa membeli rumah rata-rata karena memiliki berbagai kendala seperti di bagian finansial. Lalu, bagaimana jika pendapatan Anda hanya sekitar 5 juta saja? Apakah bisa membeli rumah idaman sesuai dengan impian Anda? Jawabannya adalah BISA.

Ya, dengan perencanaan keuangan yang tepat walaupun pendapatan Anda terbatas pun maka hal tersebut bukanlah menjadi halangan untuk Anda membeli rumah. Untuk membantu mewujudkan Anda dalam memilki rumah idaman, berikut beberapa tips beli rumah dengan gaji 5 juta.

1. Ukurlah Kemampuan Anda

Bagi Anda yang mempunyai kemampuan yang pas-pasan, tentu terasa berat apabila Anda membeli rumah dengan harga tunai. Untuk solusinya tips beli rumah dengan gaji 5 juta yang pertama bisa Anda pertimbangkan. Anda bisa memanfaatkan kredit pemilikan rumah atau yang biasa disebut dengan KPR.

Biasanya bank akan meloloskan pengajuan KPR bila besar cicilan maksimal sepertiga dari penghasilan bulanan Anda. Misalnya saja, gaji Anda saat ini 5 juta per bulan sehingga kemampuan cicilannya per bulannya maksimal sebesar 1,5 juta rupiah per bulan.

Anda tidak perlu cemas karena masih banyak tawaran rumah murah yang dapat Anda beli dengan cicilan dibawah 2 juta per bulannya.

Namun, untuk berjaga-jaga supaya lebih aman Anda bisa menyiapkan kebutuhan untuk uang muka paling tidak 20% dari harga rumah yang akan dibeli. Semakin besar uang muka yang diajukan untuk membeli rumah, maka beban cicilannya akan lebih ringan. Begitu juga sebaliknya.

2. Buat Perencanaan Detail

Apabila sudah mengetahui kemampuan Anda terhadap besar cicilan setiap bulannya, tips beli rumah dengan gaji 5 juta yang selanjutnya yaitu Anda harus fokus menyiapkan kebutuhan akan uang muka untuk pembelian rumah. Dan di bagian ini Anda harus mulai berhitung.

Sebagai contoh, untuk rumah yang akan Anda beli yaitu seharga 200 juta rupiah, sehingga besar kebutuhan untuk uang muka dari KPR yaitu 20% x 200 juta = 40 juta. Uang sebesar itu bisa Anda kumpulkan dengan menyisihkan sebesar 35% dari penghasilan bulanan Anda yaitu kurang lebih sekitar 1, 75 juta selama 24 bulan.

Karena periode saat pengumpulan dana muka terbilang cepat, tidak disarankan Anda untuk memutar uang di produk investasi. Untuk itu, tips beli rumah dengan gaji 5 juta yang tepat Anda lakukan dengan membuka tabungan rencana di bank. Produk rencana ini akan memungkinkan Anda untuk rutin menabung dalam beberapa bulan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Adapun cara lain yang bisa Anda lakukan dengan mengumpulkan kebutuhan untuk uang muka memadai secara singkat melalui pinjaman lunak tanpa bunga. Anda bisa memanfaatkan fasilitas peminjaman dari kantor, keluarga atau kerabat. Sebaiknya tidak menggunakan gesek tunai kredit atau kredit tanpa agunan karena kedua hal tersebut memberikan Bunga yang tinggi.

3. Cari Rumah Sesuai Kemampuan

Semua orang tentunya menginginkan rumah dengan tanah yang luas, lokasi strategis, bangunan besar atau dengan fasilitas umum yang memadai. Memang banyak dijumpai rumah yang demikian, akan tetapi dapat dipastikan bahwa harganya mahal.

Mempunyai impian tinggal di rumah ideal memang sah-sah saja, namun akan lebih baik berpikiran realistis saja. Tips beli rumah dengan gaji 5 juta yaitu dengan mencari rumah dengan harga yang terjangkau yang bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda.

Apabila Anda sudah mengetahui kebutuhan uang muka KPR, maka tugas utama Anda adalah fokus mengumpulkan dana tersebut. Perlu diketahui, menabung dana uang muka KPR dalam jangka waktu terlalu lama juga akan beresiko kenaikan harga murah atau terpapas inflasi.

Anda bisa mengurangi resiko tersebut dengan mencari rumah dengan kebutuhan uang mukanya yang ringan. Dan di pasar-pasar perumahan banyak tersedia rumah-rumah subsidi atau rumah sederhana dengan uang muka yang di bawah 20 jutaan.

Atau Anda bisa mencoba opsi lain dengan mencari uang yang menyediakan pilihan untuk mengangsur uang muka. Jangan lupa untuk cermat menghitung beban cicilan uang muka dengan biaya beban cicilan nantinya. Pastikan pula bahwa cicilan Anda tidak melebihi 35% dari penghasilan rutin Anda supaya kondisi keuangan Anda selalu sehat.

4. Ketatkan Ikan Pinggang

Jika semua sudah dipersiapkan dengan matang, maka tips beli rumah dengan gaji 5 juta terakhir yang bisa Anda lakukan yakni dengan menjalankan upaya pengumpulan dana pembelian rumah tersebut. Perlu digaris bawahi apabila Anda sudah bertekad untuk melakukan hal ini maka Anda bisa menyesuaikan gaya hidup yang konsisten.

Semakin banyak uang yang bisa Anda tabung, maka semakin cepat pula dana pembelian rumah akan terkumpul. Untuk itu, jalankan hidup hemat dan tekan sebisa mungkin segala kebutuhan tersier seperti wisata kuliner dan belanja gadget.

Dengan adanya ulasan mengenai tips beli rumah dengan gaji 5 juta di atas, diharapkan bisa membantu Anda dalam mendapatkan rumah idaman.