Home » Perumahan » Tips Memilih Perumahan Nyaman Supaya Tidak Tertipu

Tips Memilih Perumahan Nyaman Supaya Tidak Tertipu

Mempunyai rumah yang bagus dan nyaman pastinya menjadi hal yang diidamkan oleh semua orang. Saat ini, hunian yang berada di perumahan bisa dijadikan pilihan tepat bagi sebagian orang untuk mendapatkan hunian baru dengan desain minimalis. Ya, hunian dengan desain minimalis ini tengah menjadi hunian yang paling banyak dicari mengingat desain minimalis terlihat elegan.

Tips Memilih Perumahan Nyaman Supaya Tidak Tertipu

Apabila Anda berada di kota-kota besar, banyak dijumpai perumahan yang dijual dan ditawarkan para pebisnis dan pengusaha properti yang tersedia dalam berbagai ukuran. Dan dengan adanya bisnis properti inilah rasanya akan membantu Anda tentunya dalam mendapatkan lahan yang sesuai untuk dibangunkan rumah.

Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan hunian idaman, berikut beberapa tips dalam memilih perumahan nyaman.

1. Survey Lokasi

Langkah pertama yang harus Anda pilih dalam memilih perumahan nyaman yaitu dengan melakukan survey terlebih dulu. Anda dapat menyurvei secara detail mengenai rumah yang ada di perumahan yang akan pilih dengan mendatanginya secara langsung atau melalui internet terlebih dulu.

Lakukan beberapa survey pada lokasi berbeda supaya Anda tidak terpaku pada satu lokasi perumahan saja. Dengan Anda melakukan tips ini, maka Anda bisa mengetahui kawasan yang berada di perumahan tersebut.

2. Tema Proyek Rumah

Tips memilih perumahan nyaman yang selanjutnya yaitu dengan melihat dari tema yang diambil oleh proyek pada perumahan tersebut. Untuk sekarang ini sudah banyak pengembang yang telah menentukan tema pada proyek perumahannya. Hal ini pun bisa Anda manfaatkan saat Anda melakukan survey di lokasi perumahan.

Dengan Anda melihat tema perumahan tersebut, tentunya bisa memudahkan Anda dalam melihat lingkungan yang berada di sekitar perumahan tersebut.

3. Posisi Rumah

Menentukan posisi rumah mungkin terdengar tidak masuk akal saat Anda ingin memilih perumahan nyaman. Apabila berbicara mengenai posisi rumah, memang berada di posisi manapun rumah, selagi tempat tersebut nyaman tidak akan jadi masalah. Namun, yang perlu ditekankan dalam hal ini yaitu sedikit penjelasan untuk posisi perumahannya.

Biasanya posisi rumah yang letaknya di pojok menjadi target awal para pembeli dari pada posisi yang letaknya di tengah. Apabila Anda memilih rumah yang berada di pojok akan sedikit menguntungkan karena Anda dapat dengan mudah mengembangkannya. Bukan hanya itu saja, bahkan rumah yang berada di pojok harganya pun berbeda dengan harga rumah yang ada di tengah.

4. Mengunjungi Kantor Marketing

Saat ini banyak sekali perumahan yang menawarkan promo menarik kepada pembelinya. Sehingga, memilih perumahan nyaman yang bisa Anda lakukan yakni dengan mencari sebanyak-banyaknya informasi mengenai perumahan tersebut kepada kantor marketing.

Kumpulkan informasi yang nantinya menjadi pilihan terbaik Anda. Anda bisa memperhatikan kemudahan dalam mengakses transportasi pada perumahan yang akan menjadi target. Anda akan menjumpai berbagai rumah yang dijual dengan harga dibawah permintaan pembeli. Untuk itu, Anda bisa cermat dan bijaksanalah dalam memilih perumahan nyaman.

5. Status Rumah

Yang kerap ditawarkan oleh penjual biasanya terdapat dua hal yaitu rumah siap huni atau inden. Rumah huni yaitu rumah yang siap untuk ditinggali dan biasanya pembeli akan diperbolehkan untuk melihat rumah tersebut secara langsung.

Sedangkan rumah inden, biasanya pembeli hanya bisa memilih lokasi yang terdapat pada site plan perumahan, setelah itu menunggu dalam jangka waktu yang sudah ditentukan untuk proses pembangunan.

6. Harga Rumah

Saat memilih perumahan nyaman, harga juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Sebelum membeli rumah di perumahan, sebaiknya Anda bertanya terlebih dulu penjual atau pengembang rumah serta sistem pembayarannya.

Telitilah dalam bertanya mengenai beberapa hal misalnya biaya PPN 10% sudah masuk apa belum, biaya akta jual beli, biaya KPR dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan.

7. Kualitas Bangunan Rumah

Dan tips terakhir dalam memilih perumahan nyaman yang terakhir yaitu dengan memperhatikan kualitas bangunan rumah itu sendiri. Banyak sekali penjual perumahan yang membangun beberapa rumah dengan model yang sama.

Hal ini pun juga menjadi termasuk pada salah satu kategori kualitas yang nantinya berpengaruh bagi orang yang membelinya.

Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan aset kualitasnya baik dari segi kualitas model maupun desainnya , fisik rumah, lingkungan dan aspek jalan.